Datangkan Kiai dari Banyuwangi, Pemerintah Desa Jambesari Tutup Perayaan Kemerdekaan RI dengan Pengajian.

Jambesari-Tutup perayaan Agustusan, pemerintah Desa Jambesari mengadakan kegiatan pengajian. Pengajian dilaksanakan pada jum’at malam (17/8/2018) di halaman balai Desa Jambesari. Pengajian dimulai pukul 20.00 WIB, usai pengumuman pemenang dari setiap lomba yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Jambesari.

Mengundang ulama dari Banyuwangi, Habib Jawwat Bin Abdullah Assegaf, kegiatan pengajian berjalan lancar. Farid selaku ketua panitia menjelaskan bahwa pengajian dipilih sebagai kegiatan penutup perayaan karena kental dengan kultur masyarakat Jambesari yang agamis.

“Karena memang di Jambesari ini rata-rata agamisnya sangat tinggi. Karena memang agamis masyarakatnya sangat tinggi, kalau ditutup dengan acara dangdutan kurang pas.” Jelas Farid.

Meskipun masyarakat yang melihat pengajian tidak sebanyak acara karnaval, kegiatan tetap berjalan lancar. Panitia mengakui bahwa rendahnya partisipasi masyarakat untuk datang ke Balai Desa dikarenakan kecapekan setelah mengikuti kegiatan karnaval pada sore harinya.

“masyarakat sudah kecapekan, sehingga yang terjadi kalau boleh dikira-kira hanya 40% masyarakat yang datang jika dibandingkan dengan kegiatan pengajian-pengajian sebelumnya.”

Kalfin selaku Mahasiswa KKN Universitas Jember “Kelihatannya masyarakat kecapekan setelah mengikuti kegiatan karnaval. Apalagi kegiatan pengajian ini dilakukan pada hari yang sama. Jadi maklum kalau yang datang tidak terlalu banyak.” Tutur Kalfin.

Dalam pelaksanaan, pemerintah Desa Jambesari dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa KKN dari Universitas Jember dan STIE Mandala Jember. (kal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas